Selasa, 01 Juli 2008

kejadian unik di sekolah

30 Siswi SMK Harapan Massa Depok Kesurupan
Jum'at, 10 Agustus 2007 | 13:58 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Sebanyak 30 siswi Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Harapan Massa Kecamatan Beji, Depok, mengalami kesurupan saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar, Jumat (10/8).


Wakil Kepala Sekolah SMK Farmasi Harapan Massa, Surfi Setiadi, menjelaskan sebenarnya kesurupan terjadi sejak Kamis (9/8) sore, saat siswi sekolah itu berlatih paskibra untuk persiapan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus nanti.

"Saat itu (Kamis) ada tiga siswi yang tiba-tiba aneh dan kesurupan," kata Surfi kepada wartawan di SMK Harapan Massa yang berlokasi di Perumahan Depok Indah II Blok 6 Nomor 15, Beji, Depok.

Kesurupan massal berlanjut pada Jumat pagi pukul 07.15. Menurut Surfi, sebanyak 30 siswi secara bergelombang mengalami kesurupan. Mereka berteriak dan mengamuk tidak karuan.

Sekolah mendatangkan para ustadz untuk memulihkan para siswi yang kesurupan. Para guru dan siswa laki-laki juga ikut membantu menenangkan suasana yang saat itu tampak kacau.

Berdasarkan pengamatan Tempo, ada lima siswi yang berteriak histeris sambil meronta-ronta saat dipegangi rekan-rekan dan gurunya. Bahkan, ada diantara mereka yang terjatuh pingsan dan dipapah menuju ruang sekolah.

Ada kejadian unik. Seorang siswi yang kesurupan menjerit dan mengamuk ketika seorang wartawan hendak mengabadikan kejadian itu dengan kameranya. Saat wartawan menjepret kameranya, si siswi tadi langsung mengumpat dan meminta si wartawan keluar dari area sekolah. Suasana semakin kacau lantaran siswi lainnya masih kesurupan. Sesekali mengamuk.

Kesurupan massal mengundang rasa penasaran masyarakat. Puluhan warga setempat berdatangan menyaksikan kejadian itu. Anggota Polsek Beji ikut mengamankan area sekolah. Suasana mulai tenang pada pukul 11.30 menjelang Shalat Jumat.

Menurut keterangan yang dihimpun Tempo, kesurupan massal di sekolah itu dipicu antara lain karena adanya pembangunan gedung dua lantai di area sekolah itu, tanpa disertai acara syukuran.

Ibu Linda, 60 tahun, warga yang bermukim di sekitar sekolah itu menuturkan, dalam setahun pasti terjadi kesurupan yang menimpa siswa SMK Farmasi Harapan Massa. "Saya hitung sudah empat kali kesurupan tahun ini," kata Linda. Selain itu, kata Linda, ada pohon bacang di area sekolah itu yang diduga dihuni makhluk halus sebangsa jin yang merasa terusik.Sandy Baskoro

Tidak ada komentar: